Tausiah Via Suara Online

Sabtu, 17 Desember 2016

Oh Jadi Begini, Alasan Kenapa Indonesia Gak Maju- Maju? Begini nih Kata Orang Bule! Miris Banget Bacanya….

Apa sobat cerpen pernah berpikir mengapa Indonesia sulit sekali untuk maju seperti negara Jepang, Korea dan Amerika Serikat?

Bahkan negara tetangga seperti Singapura dan Malaysia pun sudah jauh lebih maju dari negara kita.
Seorang ekspatriat asal Amerika, Jane Jhonson pun melakukan observasi mengenai hal ini dan menemukan beberapa titik lemah yang membuat Indonesia tidak maju- maju. Siap- siap disindir yah:



1. Orang Indonesia itu malas!
Rata- rata orang Indonesia itu malas dan terlalu banyak mengeluh dalam pekerjaan. Contoh yang paling sederhana namun konkret adalah dalam hal 'membuang sampah'. Hal yang begitu mudah seperti buang sampah pada tempatnya saja malas dilakukan, gimana negaranya bisa maju? Kota- kota di Indonesia sampai identik dengan jalanan yang banyak sampah.

2. Image pemerintah Indonesia : Pemakan duit rakyat.
Apa yang pertama kali terbesit di benakmu bila ditanya tentang cara kerja pemerintah Indonesia? Yap, apalagi kalo bukan korupsi.
Memang benar terbukti pemerintah tanah air kita ini hobi banget korupsi, tiap hari aja beritanya soal korupsi. Yah, namanya juga malas tapi pengen kaya, mainnya ngambil duit rakyat deh…
Ini juga disebabkan oleh hukum yang tidak jelas dan tidak tegas. Banyak orang Indonesia yang melakukan kesalahan kecil langsung dipenjara, namun pemerintah yang sudah korupsi selama bertahun- tahun malah masih bisa lenggak-lenggok menikmati hidup dari uang hasil korupsinya.

3. Minimnya investasi di Indonesia. Mengapa negara lain menghindar untuk investasi di Indonesia?
Kembali lagi pada poin diatas, pemerintahannya saja tidak benar, gimana mau dilirik negara asing?

4. Orang- orang Indonesia itu hipokrit.
Apa itu hipokrit? Hipokrit itu orang- orang yang manis diluar, busuk didalam. Orang Indonesia sering kali tidak senang atas kemajuan dan keberhasilan orang lain, suka banget ngiri gitu deh…

5. Orang Indonesia terkenal Sensian.
Sensitif adalah sifat yang identik banget dengan orang Indonesia. Banyak sekali orang di Indonesia kurang berhati lapang, jika dikritik dan diberi nasehat bukannya berterima kasih, malah nggak bisa terima dan berontak balik. Piyee ta iki…

6. Keamanan Indonesia sangatlah buruk
Indonesia adalah negara yang sangat tidak aman, apalagi jika warna kulitmu tidak sama dengan warna kulit orang Indonesia, harus lebih hati- hati loh, bisa- bisa dirampok!

7. Terlalu birokratik.
Di negara maju seperti Amerika, setiap rakyatnya didorong untuk mengekspresikan diri dan berkreasi, sehingga anak- anak muda disana lebih kreatif.

Di Indonesia, terkadang mau diriin satu usaha saja sulit banget, karena terlalu banyak aturan ini itu. Hal ini menyebabkan lambatnya pembukaan lapangan kerja baru.
Itulah berbagai pandangan tentang orang Indonesia menurut Jane. Tidak ada pandangan yang muncul jika tidak ada observasi. Mungkin memang tidak semua orang Indonesia pasti seperti contoh- contoh diatas, artikel ini juga sama sekali tidak bermaksud menjelekkan atau menyindir, hanya saja jika bangsa kita sudah menciptakan image kurang baik bagi orang luar, bukankah seharusnya kita mulai cermati dan introspeksi diri? Yuk, belajar membuka hati dan menerima kritikan agar Indonesia bisa lebih maju.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Oh Jadi Begini, Alasan Kenapa Indonesia Gak Maju- Maju? Begini nih Kata Orang Bule! Miris Banget Bacanya….

0 komentar:

Poskan Komentar